Pie Susu Oleh Oleh Khas Bali, Ternyata Hasil Persilangan Pie 3 Negara. Wow!!

Sudah pernah makan pie susu? Sama, saya juga pernah. Waktu itu, ada seorang teman membawakan oleh-oleh khas Bali Pie Susu Dhian yang kebetulan bernama Dian juga. 🙂

Kemudian sekitar Agustus 2018, Saya bergabung sebagai penulis freelance di Kontenmu. Dengan tugas pertama membuat review oleh-oleh khas Bali pie susu. Berbekal dari pengalaman lidah mencicipi pie susu beberapa tahun lalu, membuat proses penulisan konten tersebut cukup lancar.

Freelance Kontenmu 2018

Lalu, untuk yang kedua kalinya, Saya menerima lagi oleh oleh khas Bali tersebut dari dua teman kos. Pertama bu dosen single, yang waktu itu ada acara kampus ke Bali. Kedua, seorang teman yang rempong dengan urusan cabut berkas dari Bali ke Malang.

Terima kasih teman-teman, berkat kalian semua. Saya termotivasi membuat artikel Pie Susu Oleh Oleh Khas Bali, Ternyata Hasil Persilangan 3 Negara. Wow!!.


Kenapa pie susu khas Bali itu enak, apa karena resep pie berasal dari jajan londo? Terdorong oleh rasa penasaran, Saya berusaha mencari informasi mengenai asal-usul berkembangnya pie susu di Bali.

Sejarah Oleh-Oleh Khas Bali, Pie Susu

Bali memang tidak ujug-ujug mengadopsi resep pie dari Inggris, Hongkong, dan Portugis. Namun, pasti ada yang mengenalkannya dan kemudian mencoba resep pie susu tersebut, dengan teknik ATM (Amati, Tiru, Modifikasi).

Pada kesempatan ini, ijinkan saya menulis ulang sejarah oleh-oleh khas Bali yang diambil dari berbagai sumber di internet. Garis besarnya seperti ini, tengah pie susu yang lembut itu berasal dari egg tart Hongkong dan Inggris. Sedangkan garing bagian tepinya berasal dari pie susu Portugis.

Pie Susu sebutan di Indonesia, Egg tart sebutan di Hongkong. Dari beberapa sumber yang isinya kurang lebih sama, akhirnya Saya ambil 2 artikel yang berbeda sedikit.

Sejarah Singkat Pie Susu Hongkong

Sumber 1 menyebutkan, bahwa sejarah pie susu berasal dari Hongkong yang diperkenalkan oleh Tengs cha Chaan pada tahun 1940an. Namun, ada kemungkinan Hongkong juga mengadaptasi tart custard dari Inggris. Bukan rahasia lagi, jika Hongkong adalah bekas koloni Inggris.

Egg tart or portuguese egg tart on recycled paper.

Di Hongkong sendiri, pie susu memiliki beberapa varian pie madu telur, pie putih telur, dan pie green tea.

Sejarah Singkat Pie Susu Portugis

Sumber 2 menyebutkan, bahwa sejarah pie susu berasal dari Portugis dengan nama Pastel de nata. Awalnya pie susu ini adalah kue puding tradisional Portugis, yang dibuat oleh seorang suster Katholik di Biara Jeronimus. Kemudian pada 1837 dijual oleh Casta Pasteis De Belem.

Kapan Pie Susu Masuk Bali? [Opini Penulis]

Saya belum menemukan sumber yang bisa dipercaya. Namun, dugaan Saya sih saat para wisatawan itu datang ke Bali atau ada orang Bali yang sedang liburan ke Hongkong, dan kemudian tertarik untuk mengadaptasi pie susu atau egg tart di sana yang biasa menjadi menu sarapan.

Kok saya tahu? anu pembaca, saya dulunya suka nonton film mafia Hongkong, nah disitu ada adegan ke kedai untuk sarapan. Disitulah terselip cuplikan egg tart mirip pie susu yang jadi oleh-oleh Khas Bali. Tapi dengan cara makan yang berbeda.

Resep Pie Susu Khas Bali

Bagi Anda yang tidak sempat ke Pulau Dewata dan suka masak. Ada baiknya mencoba praktek membuat pie susu khas Bali berikut ini. Resep diambil dari Cookpad.

Baca juga :   Doodle Art Karya Gaby, Salah Satu Alumni STIKI Malang

Bahan-bahan pie susu khas Bali

  • 250 g tp terigu
  • 125 g mentega
  • 1 sdm gula halus
  • sejumput garam
  • 1 sdm air es

Bahan filling pie susu khas Bali

  • 180 ml skm
  • 80 ml air
  • 3 kuning telur
  • setengah sendok teh vanili

Langkah-langkah membuat pie susu khas Bali

  • Cara membuat kulit, yaitu campur gula, mentega dan garam dengan sendok.
  • Lalu masukan tepung dan air es, campur hingga rata.
  • Cetak lalu tekan tengah dengan gelas kecil, pinggirnya ratakan dengan pisau kecil, agar rapi.
  • Kalau sudah dicetak, lalu tusuk-tusuk bagian tengah adonan dengan garpu, agar tidak menimbulkan gelembung saat dipanggang, sisihkan.
  • Cara membuat filling, yaitu campur semua bahan filling lalu, aduk rata, dan disaring.
  • Tuang ke dalam cetakan pie
  • Panggang kurang lebih 40 menit, dengan panas 160 derajat.

Semoga bermanfaat, mari lanjut ke poin 5 merek pie susu paling laris di Bali.

5 Merek Pie Susu Paling Laris di Bali

Sejarah sudah tahu, resep juga sudah dikasih. Sekarang waktunya, saya memberikan informasi 5 merek pie susu paling laris di Bali, menurut travelingyuk.com yang diketik dan disusun ulang di menulisartikel.com.

Pie Susu Gayatri

Menurut Saya, pie susu dengan rasa original itu sudah enak. Pokoknya yang ori itu number one. Tapi, tidak semuanya puas dengan yang original. Jadi, untuk memenuhi kepuasan itu para penjual harus kreatif.

Hal tersebut pula yang terjadi pada pie susu Gayatri, yang tersedia dengan varian rasa sebagai berikut original, cokelat, keju, dan brownies. Harganya pun cukup terjangkau, beli banyak tidak khawatir rugi karena pasti puas dengan rasanya. Akses di akun instagram resminya @piegayatri.

Pie Susu Bali Asli

Anda yang sering ke pulau Dewata dan penggemar pie susu khas Bali. Pasti akan setuju, bahwa pie susu Bali memiliki rasa yang unik untuk masing-masing merek. Termasuk pie susu Bali Asli yang telah berproduksi sejak 1976. Anda juga bisa akses akun instagram resminya di @piesusubaliasli.

Pie Susu Dhian

Terkenal melalui instagram, Pie Susu Dhian ternyata hanya memiliki rumah produksi yang berlokasi di Jl. Nangka Selatan 66A, Dangin Puri Kaja, Denpasar Bali. Varian rasa yang tersedia juga bervariasi. Anda bisa cek di akun instagramnya @piesusudhian.

sejarah pie susu di Bali
Sejarah Pie Susu Oleh Oleh Khas Bali

Pie Susu Bli Man

Pie Susu Bli Man termasuk pie susu dengan tampilan yang unik, yaitu pie susu dengan ragam topping di atasnya. Mulai dari kismis, keju, hingga almond. Dengan adanya topping tersebut, otomatis menjadikan Pie Susu Bli Man kaya rasa ketika masuk ke dalam mulut.

Mau coba? stalking dahulu gih di instagramnya @piesusubliman.

Bagi Anda yang akan atau sedang berada di Bali, dan menemukan blog ini. Anda bisa berkunjung ke tokonya di Jl. Kerta Dalam Sari 3 Gang Cemara No 15, Sidakarya, Denpasar. Konsumen juga dimudahkan dengan layan pesan antar. Mantap!! Bli Man.

Pie Susu Sari

Ternyata pie susu Sari menjadi oleh-oleh khas Bali, yang cukup populer di kalangan penggemar pie susu. Kabar baiknya, cabang pie susu Sari telah tersebar di seluruh kota di Pulau Dewata. Sehingga Anda akan sangat mudah dalam mendapatkan pie susu tersebut.

Mengenai varian rasa, sudah pasti ada original, kemudian cokelat, keju, dan stroberi serta beberapa rasa yang bisa Anda cek di akun instagramnya @piesususari. Cabang pie susu Sari juga telah tersedia di beberapa kota besar diantaranya Jogja, Jakarta, dan Semarang.


Jadi, apakah pembaca sudah ada yang cobain pie susu khas Bali? Kalau sudah, bisa komentar dan menceritakan pengalamannya ketika mendapatkan pie susu tersebut.

Terima kasih sudah berkunjung ke artikel “Pie Susu Oleh Oleh Khas Bali, Ternyata Hasil Persilangan Pie 3 Negara. Wow!!“. Happy Share.

Sumber artikel sejarah pie susu:

  • https://oleholehkhasbali.com/asal-mula-sejarah-pie-susu-alias-egg-tart.html
  • https://belviaminipie.com/2017/06/25/ternyata-pie-susu-bali-itu-asalnya-dari/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *