Liburan Berdua ke Batu Secret Zoo dan Museum Satwa Dapat Diskon Kemerdekaan

Liburan yang tidak direncanakan. Awalnya sih mau menginap di Batu 3 hari 2 malam. Tapi karena tidak siap dengan urusan transfer-mentransfer, akhirnya acara menginap dibatalkan dan diganti liburan ke Jawa Timur Park 2.

FYI. Jawa Timur Park 2 memiliki lahan seluas 22 hektar dengan 3 zona wisata, yaitu eco green park, batu secret zoo, dan museum satwa. Dari ketiga zona wisata tersebut, Kami putuskan untuk menjajal 2 diantaranya yang belum pernah dikunjungi yaitu batu secret zoo dan museum satwa.

Berangkat dari mana . . .

Kami bukan orang jauh kok, kami berangkat dari Kota Malang. Dengan kecepatan sedang menggunakan Vario 125, perjalanan ditempuh dengan waktu kurang lebih 60 menit. Rute yang dipilih jalur belakang. Di mana tepatnya?

Dari Sawojajar, Kami menuju arah DAU melalui Jl. Bandung – Malang Town Square – ITN 1 – Sigura-gura barat – UNITRI – Pasar tradisional Landungsari – DAU – Jl. Tlekung – KPU Kota Batu – Mampir di Alfamart dan SPBU – Oro oro ombo – JTP 2.

Jalur di atas adalah jalan pintas favorit ketika menuju Kota Batu dari arah selatan. Kalau dari arah Sawojajar atau tengah, lebih baik lewat Jl. Candi Panggung – UMM belakang – Pendem – arah Jl. Soekarno.

Jalur lain dari Karanglo atau dari utara, bisa lewat bentoel arah Karangploso. Dari Karangploso ini Anda bisa ambil jalur ke Pendem seperti di atas. Bisa ambil jalur arah ke Selecta, nanti tembusnya dekat alun-alun Batu. Kalau Selecta belok kanan, ke JTP2 bisa belok kiri ikut rambu yang tersedia.

Cara Masuk ke Jawa Timur Park 2

Ada 3 cara masuk ke Jawa Timur Park 2, yaitu melalui Eco Green Park dengan tiket terusan, dengan jalan kaki dan kendaraan melalui pintu utama.

Berhubung Saya menggunakan kendaraan roda dua, maka Saya berusaha mengikuti jalur yang sudah disediakan. Dari loket masuk kendaraan utama, Anda cukup lurus hingga mentok kemudian belok kanan. Selanjutnya, cari mushola, karena lokasi parkiran kita tepat di sampingnya.

Pastikan bawa STNK ya. Karena selain menyerahkan karcis parkir, Anda juga diminta menunjukan STNK saat keluar nantinya.

Loket Tiket Masuk Jawa Timur Park 2

Kami memandang dari trotoar mushola, dan saling bertanya. Di mana jalan menuju loket tiket masuknya? Dari titik pos satpam, jembatan, dan jalur eco. Kemudian, Kami berjalan lurus ke arah Hotel Pohon Inn. Sepertinya, loket berada dekat dengan hotel.

Hari itu Sabtu, suasana cukup lengang dan ada beberapa renovasi kecil yang dilakukan oleh beberapa pekerja di area oleh-oleh. Kami bergegas mencari loket, karena jam tangan sudah menunjukan pukul 10.15 WIB.

Saat tiba di depan loket, Kami berhenti sejenak membaca informasi pada masing-masing papan loket. Ketika hendak masuk loket 4, seorang SPG berkata “di sini untuk tiket terusan pak”. Hmmm, akhirnya kami menoleh ke loket 2 dan ikut mengantri membeli tiket Batu Secret Zoo dan Museum Satwa.

Setibanya di depan petugas loket, Kami hanya diminta membayar Rp210.000 untuk 2 orang. Kok murah ya!!

Mari Jelajahi Batu Secret Zoo

Setelah menerima tiket, kami bergegas menuju pintu masuk yang lokasinya tepat di utara Hotel Pohon Inn. Dengan cekatan petugas memasangkan tiket tersebut ke pergelangan tangan pengunjung, dan menempelkannya di alat pembaca barcode.

Disambut jalan tanjakan, semprotan air disinfektan dan para nutria yang sedang makan di kolam berendamnya. Kami harus berhimpitan dengan para turis asing dari Asia dan Eropa yang dikawal seorang security bernama Chandra.

Stasiun Cemilan dan E-Bike Batu Secret Zoo

Perjalanan di Batu Secret Zoo cukup melelahkan, karena jalanan terus menanjak halus. Tidak terasa, para pengunjung tiba di ruang terbuka yang terdapat stasiun e-bike dan es krim dengan pemandangan hotel pohon inn.

Baca juga :   Paket Umroh Privat Minipack 10 Orang Ashab Azha

Berhenti sejenak, melihat balkon hotel. “Enak kali menginap di kamar dengan pemandangan ke arah Zoo, pasti betah 3 hari 2 malam“. Setelah istirahat beberapa menit dengan meneguk air mineral dan melihat keriuhan pengunjung, Kami lanjutkan perjalanan.

Bertolak dari stasiun e-bike, kami berjalan menuju sebuah terowongan besar dengan dinding kaca bening tebal. Jalanan di sini tidak kalah menanjaknya, sepanjang jalan ada satu stand penjual snack dan 2 komputer layar sentuh yang tidak peka berisi informasi hewan yang sedang bercengkerama di kanan dan kiri Kami.

Wahana Bermain Batu Secret Zoo

Keluar dari terowongan Savana, kami masuk ke zona bermain lengkap mulai dari permainan anak-anak hingga dewasa. Mulai dari yang lucu seperti kelinci biru hingga rumah hantu.

Setidaknya ada 3 wahana yang menyita perhatian Saya, pertama rumah hantu dengan hantu “beneran”, wahana bermain octopus plus pemandangan pegunungan, dan wahana bermain tsunami plus pemandangan pegunungan dan bukit. Memang seru, jika berkunjung kesini bersama tim rindu piknik.

Oiya, bagi Anda yang berencana sewa e-bike. Parkir kendaraan tersebut di tempat yang sudah disediakan. Sedangkan, para pengunjung yang sudah lapar dan haus, di sini terdapat food court dengan model pembayaran menggunakan kartu elektronik seperti halnya di Eco Green Park.

Bertemu dengan Nyonya Puff dan Patrick

Eh lupa, ada 2 area lagi yang tidak Saya ceritakan, Tiger Land dan River Adventure. Saya rekomendasikan untuk berkunjung langsung. Dijamin akan bertemu kembaran dan hewan super kocak yang aktivitasnya garuk-garuk – mandi – berjemur – garuk-garuk lagi. Muehehehe

Selanjutnya, Anda akan diarahkan masuk ke dalam ruang gelap dan sedikit dingin, bertemu dengan beragam satwa laut. Ada satu binatang mungil yang nalurinya membersihkan kaca akuarium, dia berpindah dari satu titik ke titik lainnya tanpa mengenal rasa takut.


Eh!! bertemu dengan Nyonya Puff, ternyata dia sedang dinas di zona akuarium Batu Secret Zoo. Wajahnya imut dan tersenyum hangat kepada para pengunjung Jawa Timur Park 2 yang sudah mulai lelah berjalan.

Kemegahan Museum Satwa dari Dalam

Keluar dari zona Batu Secret Zoo. Para pengunjung tidak bisa langsung pulang. Masih ada satu tempat lagi yang harus dikunjungi, dan kontur jalannya sama, sama menanjaknya.

Suasana di dalam Museum Satwa membuat Saya mengantuk dan segera ingin makan siang.

Setelah melewati pemeriksaan petugas museum satwa. Pengunjung disambut dengan sangkar perkutut raksasa yang instagramable dan alunan musik instrumen yang menenangkan. Masuk di ruangan kedua, ada Gajah dan beberapa kawannya, tepat di bawah langit buatan yang mengagumkan.

Di dalam museum satwa, Anda akan melihat beragam satwa yang diawetkan mulai dari mamalia hingga serangga.

Datang yuk bersama keluarga dan rombongan, agar mereka tahu apa yang diketahui sedikit orang di dunia.

Harga Tiket Masuk ke Jawa Timur Park 2

Harga tiket normal untuk menjelajah Batu Secret Zoo dan Museum Satwa, yaitu Rp120.000 per orang. Khusus pada bulan Agustus 2019 ini, Jatim Park 2 memberikan diskon Rp15.000 per tiket. Lumayan, bisa dipakai untuk makan siang. Jadi, untuk 2 orang cukup bayar Rp210.000 bisa jalan sampai gempor.

Tiket Jawa Timur Park 2 (Batu Secret Zoo dan Museum Satwa)

Hari Senin - Kamis (weekday) : Diskon 30% dari harga weekend
Hari Jumat - Minggu (weekend), tanggal merah dan high season : Rp120.000 

Tiket terusan Jawa Timur Park 2 – Eco Green Park

Hari Senin - Kamis (weekday) : diskon 30% dari harga weekend
Hari Jumat - Minggu (weekend), tanggal merah dan high season : Rp150.000

Alamat Jawa Timur Park 2

Jl. Oro-oro Ombo No. 9 Kota Batu
Telp. 0341–5025777 Fax. 0341–5025666

Jam Buka:
10.00 - 18.00 WIB

Penutup

Tunai sudah saya menyampaikan informasi yang kurang praktis ini untuk mengisi blog. Jika Anda ingin pilihan lain, saya sarankan berkunjung ke Kusuma Agro Waterpark dan Petik Apel.

Setelah puas dan gempor berkeliling di Batu Secret Zoo dan Museum Satwa. Kami mencari makan siang di dekat alun-alun Kota Batu. Di sini, Anda cukup keluar Rp2.000 untuk parkir motor. Sedangkan, untuk harga makanan masih terbilang murah dibandingkan di Kota Malang.

Catat ya, makanan di food court alun-alun KWB dan PKL. Kalau di Mall, ya beda cerita. Hehehe

Terimakasih sudah membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *