Keuntungan Mendaftar di Google My Business

GoogleMyBusiness-Menulisartikel.com-

Tepatnya 2014 lalu Google My Business dirilis. Sudah kenal lama, tapi saya masih berkelit dengan 1000 alasan. Jadi, saya mencari alternatif lain yaitu Google Maps. Apa perbedaannya? Pada isian formulirnya dan verifikasi. Saat itu, saya bilang saat itu sekitar 3 tahun lalu. Untuk mendaftarkan Bisnis di Google Maps, Anda tidak memerlukan persetujuan resmi seperti kode verifikasi. Sedangkan Google My Business diperlukan kode verifikasi khusus. Namun tujuannya sama yaitu memudahkan pemilik bisnis di kemudian hari setelah melakukan pendaftaran.

Andapun bisa membaca artikel cara pendaftaran bisnis pada Google Maps di KangLukman.com.

Kalau begitu, bisa pakai Google Maps? Iya bisa, tapi nanti Anda akan dihubungi oleh pihak Google Indonesia untuk verifikasi kebenaran lokasi by phone. Ya kalau sedang hoki, tanpa verifikasi by phone pun bisa langsung tampil dan bersiaplah menerima banjir orderan.

Lebih sederhana mana, penggunaan Google Maps dengan Google My Business? Kalau saya sih, Google Maps. Karena kita hanya perlu mengisi kotak kosong sesuai pertanyaan. Kemudian menunggu verifikasi dari Google, jika disetujui maka tempat yang kita tambahkan akan tampil. Verifikasi ini terdiri dari 2, yaitu verifikasi by phone dan verifikasi peninjauan lokasi (mungkin dengan bot atau sejenisnya). Boleh komentar untuk menyanggah atau menolak.

Kenapa tidak memakai Google My Business? Awalnya ribet, karena harus mengisi formulir dengan lengkap dan memiliki tempat secara fisik. Maklum masih kos, jadi pikir-pikir mau pakai. Tapi sejak penjualan herbal saya menurun, karena Mark yang saya buat terhapus di Google Maps. Saya beranikan diri untuk mendaftar, toh nanti alamatnya bisa diganti lagi jika sudah punya rumah sendiri atau ditutup jika ingin ganti produk atau semacamnya.

Oiya, kali ini saya tidak akan membahas mengenai cara mendaftar di Google My Business, mungkin lain kali kita lakukan. Sebagai gantinya simak video berikut.

Bagi Anda yang ingin tahu penampakan lainnya di Google Maps. Bisa saya tampilkan di bawah ini, semoga tercerahkan.

Keuntungan Mendaftar di Google My Business
Keuntungan Mendaftar di Google My Business

Keuntungan Mendaftar di Google My Business

Lalu apa keuntungan mendaftar di Google My Business atau membuat tanda di Google Maps. Berikut menurut pendapat saya ya dan sebagiannya saya ambil dari blog lain pakai model ATM, hehe.

  1. Memudahkan orang lain menemukan bisnis atau usaha Anda.
  2. Meningkatkan kunjungan ke website maupun ke toko/resto/kafe dll.
  3. Meningkatkan penjualan melalui website maupun channel lainnya.
  4. Prioritas bagi para pembeli (jika mendesak). Hahaha, saya sering menerima telpon tidak dikenal “memaksa” untuk COD di hotel, rumah, kantor dan lokasi tertentu di Kota Malang maupun Batu.
  5. Mendapat kesempatan di bookmark para pembeli yang kebetulan melintas, dan suatu saat akan mampir. Hal tersebut benar-benar terjadi di warung nasi bungkus Kediri milik orang tua, yang saya daftarkan (sesuai penampakan di atas dan bawah ini).
Keuntungan Mendaftar di Google My Business
Keuntungan Mendaftar di Google My Business

Kira-kira begitu ya, manfaat mendaftar di Google My Business. Artikel ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi dan materi Internet Marketing yang saya terima. Pesan saya untuk para pembaca adalah

Jangan memusuhi teknologi, Jangan menyalahkan teknologi, Jangan mencari kesalahan apapun. Bersahabatlah dengan teknologi, pelajari dan manfaatkan teknologi tersebut untuk kebutuhan Anda. Bisa untuk menggali informasi sejarah, melakukan branding hingga meningkatkan penjualan secara signifikan. Jangan sampai salah menggunakannya atau akan seperti istilah “senjata makan tuan”

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, sehat selalu ya.

NB: Gambar berdasarkan hasil dari input pendaftaran Google Maps. Selain itu, saya juga sedang menunggu kode verifikasi Google My Business. Nanti saya ceritakan juga di lain kesempatan.

Bagikan secara gratis

You May Also Like

About the Author: Phohan Kurniawan

Halo! Semoga Anda menikmati setiap artikel di blog MenulisArtikel.com. Mohon doanya, agar saya semakin cerdas dalam merangkai kata di blog ini. ikuti akun Instagram @phohankurniawan dan Facebook @phohan. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *