Jamu Ayu Malang, Minuman Tradisional Yang Naik Kelas

Sarat dengan pengalaman masa kecil, sekali waktu saat bermain kami harus berhenti karena ada penjual jamu yang lewat menawarkan jamu gendongnya dengan cara berteriak. Biasanya, konsumen setia jamu gendong ini adalah ibu-ibu yang mencari galian singset, bapak-bapak yang pegal linu dan mbak-mbak yang doyan kunyit asem.

Meskipun jenis jamu yang digendong cukup banyak, namun saya hanya mampu mengingat 2 jenis jamu saja yaitu beras kencur dan sinom. Selain segar, rasanya jauh dari rasa pahit yang biasa diincar bapak-bapak, ibu-ibu dan mbah-mbah. Hahaha

Sejarah Jamu di Indonesia

Jamu Ayu, Jamu Gendong Naik Kelas
Jamu Gendong Naik Kelas | Sumber: kacingracing.blogspot.com

Pengertian Jamu

Jamu adalah ramuan tradisional asli Indonesia dan telah dikenal sejak jaman nenek moyang, bahkan sebelum ilmu pengetahuan terkait obat-obatan modern masuk ke Indonesia. Sebagian besar resep jamu atau disebut juga dengan jampi ini sudah berumur ratusan tahun, dan terus digunakan secara turun-temurun hingga kini. Jamu lazimnya dibuat dari bahan alami seperti akar-akaran, daun-daunan, kulit, batang dan buah.

Asal Mula Jamu

Istilah jamu muncul sekitar abad 15-16 masehi di zaman Jawa baru. Meskipun di daerah lain terdapat ramuan tradisional dengan penamaan berbeda. Jamu lebih identik dengan budaya Jawa, maka pengertian jamu dapat diambil dari bahasa Jawa kuno.

Menurut ahli bahasa Jawa kuno, jamu berasal dari singkatan dua kata bahasa Jawa kuno yaitu djampi dan oesodo. Djampi berarti penyembuhan yang menggunakan ramuan obat, doa maupun ajian. Sedangkan Oesodo berarti kesehatan.

Berbeda dengan oesodo yang jarang digunakan, djampi justru semakin populer pada abad pertengahan di kalangan keraton. Selanjutnya istilah jamu diperkenalkan kepada masyarakat saat itu oleh dukun atau seorang tabib pengobat dengan ramuan tradisional.

Jamu Ayu Malang
Relief Candi Borobudur

Bukti lain bahwa jamu sudah ada sejak dahulu dan dimanfaatkan adalah adanya relief di Candi Borobudur pada masa Kerajaan Hindu Buddha sekitar 722 M. Di mana relief tersebut menggambarkan aktivitas meracik dan minum jamu untuk memelihara kesehatan.

Bukti sejarah lain yaitu dengan ditemukannya prasasti Madhawapura dari peninggalan Kerrajaan Hindu Majapahit dengan adanya profesi Acaraki yaitu tukang meracik jamu.

8 Jenis Jamu Gendong, Minuman Tradisional di Era Milenial

Beras KencurKunyit AsamTemulawakKunyit LuntasKunyit SirihSinomGejahGula AsamCabe Puyang
Komposisi: Beras, Akar rimpang kencur, rimpang kunyit, asam jawa, gula jawa, jahe, daun pandan, jeruk nipis, garam, gula pasir

5 Khasiat Minuman Tradisional Beras Kencur:
1. Peningkat nafsu makan
2. Antioksidan
3. Penghilang lelah
4. Mengobati masuk angin
5. Mengobati batuk

Beras kencur adalah minuman tradisional yang menjadi primadona mulai dari lansia hingga anak-anak. Dengan khasiatnya yang berguna bagi tubuh, tak salah bila beberapa tempat makan yang menjadi tempat transit juga menyediakan beras kencur bagi para penikmatnya.
Komposisi: Air, Kunyit Biang, Asam Jawa, Gula Jawa, Garam

4 Khasiat Minuman Tradisional Kunyit Asam:
1. Meredakan nyeri haid
2. Antioksidan
3. Menurunkan berat badan
4. Mengendalikan gula darah
Kunyit asam menjadi minuman tradisional favorit kedua setelah beras kencur, jumlah peminatnya juga tak kalah banyak. Karena sensasi segar dan sedikit asam, membuat mbak-mbak suka untuk menghilangkan kebetean setelah seharian berkeliling mencari yang tak pasti.
Komposisi: Temulawak, Asam kawak, Kencur, Jinten, Air, Gula aren, Daun pandan

5 Khasiat Minuman Tradisional Temulawak:
1. Meningkatkan fungsi ginjal
2. Mengatasi demam
3. Mengeluarkan toksin
4. Mengatasi masalah usus besar
5. Pengobatan kanker dan mengatasi kram haid
Temulawak menjadi salah satu paracetamol Indonesia, yang terkenal dalam menurunkan demam anak dan mengobati beberapa keluhan pencernaan.
Komposisi: Kunyit, Daun asam muda, Daun luntas, Jahe, Asam, Garam, Gula pasir, Gula aren

5 Khasiat Minuman Tradisional Kunyit Luntas:
1. Menghilangkan bau badan
2. Menghilangkan nyeri haid
3. Mengobati perut kembung dan keputihan
4. Penurun suhu dan nyeri pada tubuh
5. Menurunkan kadar kolesterol

Kunyit luntas terbukti efektif menghilangkan bau badan, namun bagi Anda yang tidak suka minum jamu. Anda masih bisa membuat botok daun beluntas ditambah tempe, teri dan tahu. Bagi yang sering nyeri setelah olahraga atau setelah melakukan aktivitas berat. Minum kunyit luntas atau cabe puyang sangat disarankan.
Komposisi: Gula aren merah, Kunyit, Daun sinom atau daun asam muda, Buah asam Jawa, Garam, Air

5 Khasiat Minuman Tradisional Sinom:
1. Antioksidan
2. Mengatasi masuk angin
3. Mengurangi nyeri haid
4. Mengobati sembelit
5. Melancarkan pernapasan

Setiap minuman tradisional ternyata memiliki khasiat yang hampir sama, namun ada khasiat utama pada masing-masing jenis minuman tersebut. Seperti sinom yang dapat melancarkan pernapasan dan mengobati sembelit. Bagus nih, kalau Anda sedang sembelit segera hubungi pak Ronny untuk mengirimkan stok sinoomnya.
Komposisi:Lempuyang, Temulawak, Kunyit, Laos, Kencur, Bangle, Temu giring, Jahe

5 Khasiat Minuman Tradisional Gejah:
1. Melancarkan produksi ASI
2. Menghindarkan Anda dari masalah sulit BAK dan untuk menjaga kesehatan ginjal dan alat reproduksi
3. Melancarkan sirkulasi darah
4. Anti-Inflamasi atau dapat mengatasi masalah radang, meringankan bengkak, mempercepat proses pemulihan, menghilangkan jerawwat
5. Menjaga kelembaban kulit

Selain madu ibu hamil, ternyata Anda dapat membuat minuman tradisional untuk melancarkan produksi ASI secara mandiri atau lebih mudah lagi dengan beli di pak Ronny.
Komposisi: Asam Jawa, Air, Gula merah

5 Khasiat Minuman Tradisional Gula Asam:
1. Mengatasi batuk kering
2. Mengatasi sakit perut
3. Mengobati disentri
4. Melancarkan pencernaan
5. Menyegarkan tubuh

Rasa gula asam yang segar, manis dan asam membuat siapapun ingin meneguknnya terus-terusan. Hingga ada dibuat dalam versi lain yaitu permen gulas. Mungkinkah permen gulas masih ada?
Komposisi: Temulawak, Lempuyang, Cabai merah kering, Jeruk nipis, Kayu manis, Jeruk purut, Garam, Batang sereh, Air

5 Khasiat Minuman Tradisional Cabe Puyang:
1. Mengurangi capek dan pegal
2. Meredakan nyeri gigi
3. Melancarkan pencernaan
4. Menjaga kesehatan kulit
5. Mengatasi nyeri otot

Minuman tradisional cabe puyang ini dianjurkan bagi orang-orang yang mengalami nyeri otot setelah olahraga maupun capek bekerja. Apalagi pekerjaan tersebut mengandalkan fisik dan terus bergerak, dari ujung ke ujung, muter kayak gasing. Suka jamu? minum cabe puyang aja, dijamin paginya enteng seringan kapas.

Mungkin bahan untuk pembuatan jamu gendong tersebut akan berbeda dari satu peracik ke peracik lainnya. Karena setelah saya perhatikan komposisi cabe puyang di Jamu Ayu tidak terdapat temulawak, melainkan kedawung. Sehingga komposisi di atas bukanlah acuan mutlak.

Jamu Ayu Malang, Produsen Jamu Botolan “Siap Antar”

Jamu Ayu Malang menjadi salah satu produsen “jamu gendong” yang sudah terdaftar dengan P-IRT: 2133573012366-21 dan berlokasi di Perumahan Mondoroko Singosari.

Meskipun tidak lagi dijajakan dengan berkeliling dan berteriak, eksistensi Jamu Gendong tetap berbinar, salah satu caranya dengan mempromosikan minuman tradisional di grup daring jual beli facebook dan timeline masing-masing penjual.

Hal tersebut, juga dilakukan oleh pak Ronny yang juga sebagai pemilik usaha Jamu Ayu langganan saya. Kali pertama order, saya mencoba beras kencurnya ukuran 600 ml diantar ke rumah. Bagaimana rasanya? beras kencur bangetlah, namanya juga beras kencur. Hahaha

Walaupun tidak lagi digendong, rasa otentik jamu gendong tetap bikin kangen. Jamu Ayu memproduksi minuman tradisional mulai kemasan 120 ml hingga 1500 ml dan ukuran jerigen kecil. Ada yang tahu isi jerigen itu berapa ml?

Siapa pelanggan Jamu Ayu?

Siapa pelanggannya? Saya dan istri. Hehehe, ya banyaklah pelanggannya. Mulai dari perorangan, warung makan, restoran hingga hotel. Dari mana saya tahu? Beberapa kali saya lihat unggahannya lewat di timeline facebook, saat ia sedang mengantar Jamu Gendong yang naik kelas itu ke beberapa kantor dan warung.

Jamu Ayu Malang
Jamu Ayu Malang, Jamu Gendong Yang Naik Kelas

Sebagian gambar yang diunggah di blog ini, saya unduh dari timeline pak Ronny dan 2 diantaranya dokumen pribadi. Menurut Anda, kenapa saya repot-repot membuat artikel ini? simak quote orang yang tidak saya kenal di bawah ini.

Pernah saya baca sebuah pernyataan, bahwa marketer hebat dari produk Anda bukanlah mereka yang Anda gaji setiap bulan tapi justru para konsumen yang puas dengan pelayanan dan rasa jika itu makanan/minuman. Karena cerita mereka orisinil tanpa pura-pura.

Eh btw, dari tadi saya belum menceritakan nikmatnya cabe puyang maupun beras kencur ya. Tapi Anda seharusnya sudah tahu manfaat Jamu Ayu Malang untuk saya dan rekan-rekan konsumen lain, kenapa rela repeat order.

Pendapat dan Pengalaman Pribadi

Saya baru tahu dari mana Husada itu berasal, ternyata dari kata oesodo yang berarti kesehatan. Dan kenapa bukan djampi yang digunakan, karena djampi identik dengan dukun dan istilah jamu lebih umum serta mudah diterima oleh kebanyakan orang.

Jamu tidak selamanya buruk bagi kesehatan jika diolah dengan cara yang baik dan benar. Kenapa saya membuat pernyataan itu? Karena ada satu dan dua orang pernah bilang, hei Phohan hati-hati jangan sering minum jamu, karena ada ampas yang tidak benar-benar halus dan mudah dicerna.

Yups, dulu saya pernah minum jamu dengan rasa yang suangat pahit dan terdapat ampas yang pekat beraroma menyengat dari racikan tradisional. Saya sempat takut juga, tapi apa boleh buat hanya itu obat yang berani saya minum saat itu.

Alhamdulilah, saya baik-baik saja dan dapat membuat tulisan ini sekarang.

Sudahkah Anda minum Jamu Ayu hari ini?

Harga Jamu Ayu Malang

2 comments / Add your comment below

  1. Заказать seo поисковую оптимизацию сайта, Заказать услуги по продвижению сайта По всем возникшим вопросам Вы можете обратиться в скайп логин pokras7777 http://seoprofisional.ru/index.php?route=product/category&path=75 – Аренда выделенных серверов по приемлимым ценам Раскрутка сайта под ключ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *