Berbagi Manfaat Dengan Menjadi Narablog dan Harapan 2019

Narablog pertama kali dicetuskan oleh Bapak Blogger Indonesia yaitu Enda Nasution, yang secara gencar mengenalkan “apa itu blog” kepada masyarakat umum melalui tulisan-tulisannya. Narablog sendiri berarti orang yang memiliki blog dan bertanggungjawab menyunting maupun mengisi blog tersebut.

Bangga Menjadi Narablog pada Era Digital
Bangga Menjadi Narablog pada Era Digital

Berkenalan dengan Blog dan Manfaatnya

Saya sendiri mengenal blog mulai 2007, tapi memutuskan untuk memiliki blog pertama pada 2010 untuk berbagi manfaat kepada orang lain (belum sadar sama istilah Blogger). Saat itu, target pembacanya adalah mahasiswa rantau yang ngekost di Malang untuk mengatur masalah keuangannya. Tapi bukan berarti saya anak akuntansi, hal itu dilakukan berdasarkan pengalaman dalam mengatur keuangan agar bisa tetap makan enak dan membeli buku.

Pada 2013, saya bekerja pada perusahaan yang membidangi Internet Marketing dengan klien setianya dari Eropa. Dari pekerjaan tersebut, saya akhirnya mengetahui betapa pentingnya sebuah blog bagi seseorang atau setidaknya bagi perusahaan dan pembaca. Ada beragam informasi yang dapat disampaikan dengan berbagai niche blog yang bisa disesuaikan atau yang paling banyak diburu pembaca.

Pengalaman dan Motivasi Menjadi Narablog

Berlanjut pada 2014, saya bekerja di bidang yang berbeda tapi tidak jauh-jauh dari blog. Karena memang pemasaran yang kami lakukan dengan menggunakan sejumlah blog. Setelah mendapatkan beberapa kali pengarahan dan bimbingan mengenai pentingnya blog, ada rasa-rasa yang memuncak ingin menjadi Blogger dengan penghasilan pasif.

Singkat cerita, 2017 akhir saya berkesempatan menjadi kontributor pada sebuah blog bertema bisnis online dan internet marketing. Salah satu artikel saya sempat berada di halaman satu google yang membahas Google Maps Memudahkan Bisnis Online Dikenal Lebih CEPAT, dari situlah sebuah kebanggaan muncul. Namun, saya tidak berpuas diri, saya ingin lebih dari itu. Bukan hanya bermanfaat tapi juga dapat menggerakkan pembaca untuk melakukan sesuatu yang mereka baca.

Bangga Menjadi Narablog pada Era Digital
Bangga Menjadi Narablog pada Era Digital

Kebanggaan tertinggi menjadi Narablog bermuara pada pembuatan blog menulisartikel.com, tujuan saat itu untuk menampung setiap artikel yang dilombakan dan beberapa artikel review entah mengenai kuliner, travel maupun teknologi. Dengan dibuatnya blog ini, saya berharap dapat berbagi kisah dan cerita. Bukanlah uang tujuan utama dari blog menulisartikel.com, karena saya juga tidak ingin terbebani harus begini dan begitu. Jalan saja dulu, nanti akan menemukan ritmenya sendiri dalam menulis artikel. Dan uang akan mengikuti kompetensi yang dimiliki.

Baca juga :   Keuntungan Mendaftar di Google My Business

Harapan Sebagai Narablog Pada Tahun 2019

Setiap tahun berganti, selalu ada harapan yang diselipkan dalam doa. Agar menjadi kenyataan pada tahun berikutnya. Namun, jangan lupa untuk selalu evaluasi diri pada bulan ketiga. Berharap, berencana dan memaksimalkan usaha biar Tuhan yang tentukan hasilnya.

Bangga Menjadi Narablog pada Era Digital
Bangga Menjadi Narablog pada Era Digital

Setelah saya memutuskan resign dari salah satu jasa penulisan artikel meskipun itu freelance, terbesit harapan yang mungkin satu diantaranya juga milik Anda.

  1. Produktif dalam membuat artikel.
  2. Aktif memacu kemampuan dalam menulis dan internet marketing.
  3. Lebih sering membaca artikel dari penulis senior, entah kenapa saya jatuh hati dengan salah satu tulisan juri. Awalnya sih, disarankan oleh mas Nodi sebagai referensi dan informasi.
  4. Bergabung ke komunitas Blogger di Malang atau dimana saja.
  5. Banyak-banyak mendengar dan membaca hal baru. Biasa banget ya, tapi itu harapan saya.
  6. Minimalnya saya bisa berinteraksi dengan salah satu penulis artikel senior.
  7. Bisa belajar internet marketing secara privat dengan pak Agus Piranhamas atau muridnya langsung.

Jangan salah, internet marketing itu erat kaitannya dengan menulis artikel. Di dalam internet marketing terdapat ilmu kanuragan, seperti teknik seo dan cara pengaplikasiannya. SEO tidak hanya digunakan untuk artikel tapi juga untuk pemasaran dan penjualan online, yang memanfaatkan blog.

Jadi, berbanggalah Anda jika sudah menjadi Blogger pemula seperti saya. Karena dari situ, Anda akan dan bisa belajar banyak hal. Salah satunya belajar mengenai cara mendapatkan penghasilan rutin tanpa harus absen ke kantor. IDOLA masa kini, namun hanya sedikit orang yang mampu melakukannya.

Cukup sekian ya artikel kali ini yang bertema Bangga Menjadi Narablog pada Era Digital, semoga bermanfaat dan sukses selalu dalam segala bidang. Jadilah Narablog yang bijak.

2 comments / Add your comment below

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *