Cara Menggunakan Keywordtool.io

No comments

Yaudah simak sekarang aja cara menggunakan keywordtool.io yang super gampang ini. Bisa pilih negara dan bahasa agar sesuai maksud produk/jasa Anda. Yuk ah keburu ngantuk...

CARA MENGGUNAKAN KEYWORDTOOL.IO

Manfaat Keyword Untuk Pemasaran Daring

Kalau di dunia nyata begini, keyword itu semacam petunjuk. Contoh jika Anda tinggal di Bandung: Jual Odading Dimana ya deket sini? terus dijawab oleh teman Anda, oh di sana Kang, odading mang oleh. Contoh lagi, Kamu tau yang jual sate klatak? Sate klatak enak dimana? Sate klatak yang bikin enak apanya? dsan sebagainya.

Keyword yang dipakai di dunia nyata akan sangat beragam dan banyak. Begitu juga dengan keyword yang dilabelkan pada produk Anda. Semakin banyak keyword yang ditanam, semakin tinggi peluangnya terlihat di halaman satu Google. Kenapa? Beda orang. Beda otak. Seperti sandal kayu, pasti di setiap daerah akan berbeda istilahnya. Maka dari itu Anda harus lakukan riset terlebih dahulu.

Berikut manfaat keyword untuk pemasaran daring

  • Memudahkan suatu produk tampil pada halaman satu Google
  • Meningkatkan peluang penjualan produk secara daring, baik dari website sendiri maupun marketplace, dan media sosial
  • Mampu bersaing dengan kompetitor
  • Secara tidak langsung melabeli produk Anda dengan nama-nama unik dari banyak daerah, terlihat berbeda tapi produknya sama

Cara Menentukan Keyword Utama

Anda tidak perlu expert agar bisa menentukan keyword utama. Simak langkah-langkahnya;

  • Pastikan sudah tahu produk/jasa yang akan dipasarkan
  • Anda harus tahu nama produk/jasanya
  • Anda harus memahami produk/jasanya luar dan dalam
  • Anda harus tahu target lokasi pemasaran

Jika target lokasi pemasaran lebih dari satu, pastikan Anda memahami nama-nama unik di setiap daerahnya. Nama tersebut bisa digunakan sebagai keyword utama. Misal, aku mau memasarkan custom furniture.

Maka kata kunci utama yang bisa disusun adalah

  • custom furniture
  • custom mebel
  • jasa custom furniture
  • jasa pembuatan mebel

Untuk imbuhan target kota, bisa ditambahkan jika Kita hanya ingin target kota tertentu, misalnya dalam kasus ini Malang. Untuk agen wisata, caranya sama. Kata kunci utama yang bisa dipilih paket wisata bromo ijen atau langsung nama bisnis Anda misal ladub tour.

Kita sudah berhasil menentukan keyword utama yang akan diriset kata kunci turunannya melalui Google.co.id dan Keywordtool.io. Lanjut ya praktek! Bookmark dulu dong biar makin apa gitu.

Cara Menggunakan Google.co.id

Cara berikut sangat mudah, bahkan saking mudahnya bisa bikin Anda mager. Kita coba yang pertama pakai custom furniture tanpa malang. Buka browser Google Chrome, lalu pencet CTRL + SHIFT + N bersamaan, nanti akan muncul browser baru yaitu incognito. Kita pakai incognito ya.

CARA MENGGUNAKAN KEYWORDTOOL.IO

Dari percobaan pertama, kita mendapatkan 10 baris saran dari Google.co.id yang dapat digunakan sebagai keyword untuk pemasaran daring. Satu keyword utama bisa menghasilkan hingga 10 kata kunci turunan. Supaya optimal, Anda harus mencari masing-masing kata kunci turunan. Apabila ada kata setelah custom furniture tidak sesuai maka bisa dihapus. Contoh di atas ada 3 yaitu custom furniture adalah, custom furniture murah, dan custom furniture informa.

Kecuali, Informa buka keagenan dan Anda termasuk di dalamnya, silakan pakai saja daripada diundang mediasi. Kalau Anda penyedia custom furniture murah, maka pakai saja, jika tidak, hapus. Jadi riset keyword itu bukan pekerjaan sulit, yang diperlukan telaten.

Apabila Anda menggunakan Google Ads untuk mendongkrak pemasaran daring, pastikan keyword yang dipakai sesuai atau bersiaplah membayar tagihan lebih mahal. 

Cara Menggunakan Keywordtool.io

Sekarang buka browser Anda, sekarang mah bebas. Ketik aja keywordtool.io, nanti akan tampil seperti ini;
CARA MENGGUNAKAN KEYWORDTOOL.IO

Sekarang klik tulisan yang di dalam kotak. Posisinya tidak selalu nomor 2, bisa 3 atau 1. Jika sudah, maka akan tampil seperti di bawah ini;

CARA RISET PAKAI KEYWORDTOOL

Pada halaman utama keywordtool.io terdapat banyak pilihan untuk berbagai kebutuhan riset. Hari ini kita fokus pada tab Google. Kemudian ikuti urutan  nomornya, ketik atau scroll pilih Indonesia/Indonesian - Bahasa Indonesia. Fungsinya untuk menampilkan kelompok hasil riset kata kunci yang sering dicari di Google.co.id dan semua yang berkaitan dengan kata kunci utama.

Hasilnya seperti ini;

CARA RISET PAKAI KEYWORDTOOL

Setelah mendapatkan hasil riset keyword. Anda bisa menuju poin 3, Copy to clipboard atau export. Kalau aku pakai copy, nanti dipindah ke notepad. Begini langkah selanjutnya;

CARA RISET PAKAI KEYWORDTOOL

Kemudian langkah berikutnya adalah;

HASIL RISET PAKAI KEYWORDTOOL

Seperti biasa jika ada kata kunci yang tidak dibutuhkan, bisa langsung dihapus aja. Ada yang masih bingung? 

Kelebihan Keywordtool.io

Setelah mencoba menggunakan keywordtool untuk riset, berikut opiniku ya;

  • Mudah digunakan
  • Hasil riset berlimpah, walaupun kadang nihil (bukan kesalahan keywordtool, tapi memang keyword minim pencarian)
  • Tersedia peringkat kata kunci, jika upgrade PRO
  • Hasil riset bisa di export ke CSV atau Excel, dan copy paste biasa
Fitur peringkat kata kunci terbatas pada keywordtool dapat disiasati dengan menggunakan Google keyword planner.
Banyak cara menuju optimal

Short Tail atau Long Tail Keyword

Mending pakai yang mana? Kalau khusus bagian ini sesuai kebutuhan, jika ingin murah pakai Google Adword bisa long tail, karena pasti kalau short tail saingannya perusahaan modal luber.

Untuk penulisan artikel dan pemasaran daring, lebih baik kombinasikan keduanya. Biar lebih mantap dirayapi bot Google. Demikian ulasan cara menggunakan keywordtool.io, jika ada kurangnya mohon ditambahkan, jika kelebihan mohon masukannya.

Buat Anda yang perlu refreshing sekali lagi ke Bromo atau Ijen dengan open trip, silakan berangkat bersama ladub tour atau mau dibantu optimasi website? Aku panggilkan kawanku ya.

Note: Only a member of this blog may post a comment.