Kreco Rebus, Kuliner Jadul Khas Kediri

No comments

Aku masih ingat, siang itu di Jalan Mayor Bismo Kota Kediri ada penjual kreco dan sate bekicot melintas. Kami membeli satu porsi kreco dan beberapa tusuk sate bekicot.

Cara makannya cukup unik, yaitu dengan nyruput (menghisap/menyedot) dengan satu kali hentakan, terkadang harus dibantu dengan tusuk gigi untuk mengeluarkan daging kreco. Kuahnya yang gurih dan sedikit pedas serta khas rasa kreco, membuat Kami terus makan.

kreco rebus kediri - pare

Bagi Anda yang kali pertama makan kreco harus berhati-hati terhadap cangkangnya yang tajam. Berbeda dengan bekicot, karena untuk pengolahannya harus memisahkan daging dan cangkang. Untuk kreco bisa dimasak bersama cangkangnya.

Rasanya di dalam mulutku sedang mengunyah daging kreco dan menikmati kuah mantan bercampur kelapa parut.

Dahulu kreco banyak dijumpai di area persawahan, orang berburu saat musim padi atau penghujan datang. Kreco lebih nikmat disajikan saat siang sebagai camilan, meskipun terlihat remeh, Anda bisa kenyang lo makan daging kreco ditambah satu porsi nasi. Tapi lebih enak tanpa nasi sih.

Kediri itu punya makanan yang nyeleneh, semua orang bisa makan (kalau doyan sih). Di antaranya ada bekicot, semua orang tau ini, orang Jakarta juga tau. Kreco, hanya orang Kediri yang tau, tapi tiap daerah punya namanya sendiri. Sate emprit, entah masih ada yang jual atau tidak, tahun 2008 silam ada yang jual dekat Simpang Lima Gumul.

Waktu aku masih kecil, omku sering nembak burung emprit dan hewan semisalnya sebagai lauk. Sekarang beberapa hewan itu dilindungi, karena hampir punah.

Aku masih ingat, saat musim hujan, ada sungai yang selalu meluber dengan air jernihnya. Pasti dijadikan spot memancing dadakan oleh warga, tidak sedikit pula yang membawa jaring atau cikrak. Hasil buruan, bisa dijadikan lauk ataupun dijual. Mungkin kebahagiaan zaman dahulu bisa dikembalikan dengan menjadikan tempat-tempat tersebut sebagai desa wisata.

kreco rebus kediri - pare

Kreco, makanan selingan saat siang di Kediri. Kalau Anda berminat bisa datang ke Pare, Kediri depan SMAN 1 Pare pukul 12 siang. Biasanya ada penjual kreco ngetem utara masjid. Biasanya loh ya, karena ada waktu tertentu penjual tidak datang, mungkin kreco sedang bereproduksi.

Yaudah, selamat berburu kuliner favorit masing-masing.

Kredit Gambar:
twitter/gelarprakosa - https://pbs.twimg.com/media/DCM4yWeUAAADqjO.jpg
tribunnews - jatim.tribunnews.com

Note: Only a member of this blog may post a comment.