Kusuma Agrowisata Waterpark Batu berada di Kota Batu, tepatnya di bagian selatan Kota. Kota Batu merupakan bagian dari kesatuan wilayah yang dikenal dengan Malang Raya atau wilayah Metropolitan Malang. Dahulu Kota Batu adalah bagian dari Kabupaten Malang dan ditetapkan menjadi kota administratif pada 6 Maret 1993, kemudian menjadi kota otonom yang terpisah dari Kabupaten Malang pada 17 Oktober 2001.

Jadi tahun ini, Kota Batu berusia berapa tahun? Coba tebak. Untuk mengelilingi Kota Batu, satu hari itu terlalu cepat. Mending pakai jasa tour & travel supaya bisa mengunjungi destinasi wisata unggulan dan favorit. Anda bisa menginap di Kota Malang, Kabupaten Malang arah ke timur, dan Kota Batu.

Soal harga penginapan di Kota Batu relatif murah mulai dari 100 ribuan hingga jutaan. Tergantung selera dan isi dompet. Modal cekak, mending menginap di losmen agar puas berkeliling Kota Batu. Harga makanan di sini juga masih terjangkau, saya pernah makan nasi campur di food court barat alun-alun satu porsi 10 ribu, gado-gado dekat SMAN 1 Batu seporsi 8 ribu.

Kusuma Agrowisata Waterpark Batu

Banyak jalan menuju lokasi wisata keluarga ini. Saya ceritakan dari arah Kota Malang ya. Ancer-ancer dari terminal Landungsari atau UMM Malang. Sebenarnya Anda bisa naik angkot atau bis dari terminal, tapi maaf saya belum pernah naik transportasi umum. Kalau tidak ada kendaraan pribadi, Saya sarankan untuk sewa mobil Malang dan menggunakan angkot terlebih dahulu.

Kusuma Agrowisata Waterpark

Jika memutuskan menggunakan angkot turun terminal Kota Batu. Apabila naik bus pilih jurusan Kediri atau Jombang. Nanti minta turun di depan klub bunga resort, lalu pesanlah ojol agar lebih murah. Jika menggunakan jasa rental mobil, silakan duduk manis. Seandainya budget maksimal, yaudah gaspol nego driver ojol aja. Wkwkwk

Hari itu, harga tiket masuk Kusuma Agrowisata 10 ribu per orang karena ada promo akhir tahun. Saran kedua jika  mau praktis, cari di grup jual beli Malang/Batu atau shopee agen yang menjual tiket masuk ke destinasi wisata keluarga ini. Lumayan kan, kalau ke sininya rombongan.

Kami tidak langsung slulup

Tiket yang telah Kami beli dari agen, ditukarkan di loket khusus. Setelah melewati petugas sobek tiket, mata langsung tertuju ke Waterpark yang melambai-lambai dengan aroma khas air kolam renangnya. 

Salah seorang di dalam rombongan merekomendasikan untuk berkeliling, karena tersedia beragam spot foto menarik di antaranya balon udara KW (apasi istilahnya...), sebidang lahan pertanian, dan ayunan surga (suka-suka saya aja namanya, wkwkwk). Seperti namanya, di sini tersedia kebun buah yang belum waktunya dijamah. Yaah Anda belum beruntung...

Setelah puas foto dan tertawa, Kami menyusuri jalan setapak buatan menuju kolam renang dan bersiap slulup. Di antara semua orang yang ikut, hanya satu orang yang tidak basah yakni Saya. Entahlah, rasanya kurang nyaman hari itu dan hari-hari lainnya setiap masuk area kolam renang. :)

Sembahyang di mushola Kusuma Agrowisata Waterpark

Sebagian dari Kami memutuskan untuk melaksanakan sholat dzuhur dengan mencari mushola dekat penginapan bergaya villa. Seharusnya sih tidak jauh, tapi Kami harus berputar dan beberapa kali melewati tanjakan kecil yang sedikit licin. Lokasinya di belakang deretan Villa, yang jika diintip dari teras mushola sebenarnya bisa potong jalan.

Selesai sholat, beberapa orang bermusyawarah. "Ke mana lagi kita?". Suara bulat memutuskan untuk kembali pulang dan mampir ke warung bakso langganan.

Jalan Pulang Melewati Jalur Jawa Timur Park 1 dan Eco Green Park

Kedua tempat wisata itu di dalam satu naungan yang sama dengan museum angkut. Sudah pernah ke museum angkut? Saya belum, hihihi. Mendengar ceritanya saja sudah lelah, harus melangkah ke sana dan kemari.

Jadi saat keluar dari Kusuma Agrowisata Waterpark Batu, Kami sempat melewati jalan turunan dan masuk ke jalan kecil yang cukup off road, terhampar ilalang seperti sawah tapi mirip kebun sebut saja ladang. Di jalur tersebut ternyata ada Villa, mirip perumahan mewah sih yang ditinggali oleh asisten rumah tangga. Ironi sekali rumah di perkotaan.

Setelah ngegas dengan jalan berbelok kanan dan kiri, berpapasan dengan mobil kadang juga gerobak. Jalan yang Kami lewati tembus di jalan kembar Jatim Park 2. Wah JTP Group ini ya, cerdas banget bikin bisnis wisata. Ke manapun belok, JTP yang terpampang di depan mata.

Destinasi wisata Kota Batu terakhir yang Kami lewati dari JTP Group adalah Predator Fun Park sederet dengan polsek Kota Batu. Alhamdulilah, besok mau beli sahamnya JTP Group. Cita-cita harus setinggi yang dimau. Aamiin...