Tips Tetap Bugar dan Bahagia Kerja Di Rumah Selama Pandemi Covid-19

No comments

Anda sudah hari ke berapa bekerja dari rumah? Kalau saya mulai per 1 April 2020, sempat ada uji coba pada bulan Maret. Namun, tidak bertahan lama karena beberapa jadwal sesi konsultasi klien menjadi sedikit kacau. Sehingga diputuskan masuk kembali pada bulan Maret tersebut sampai akhir bulan. Kemudian hasil evaluasi menyatakan bahwa beberapa orang harus tetap bekerja untuk operasional perusahaan.

Tips Tetap Bugar dan Bahagia Kerja Di Rumah Selama Pandemi Covid-19

Selalu ada risiko untuk setiap keputusan dan personil yang terdampak harus tanggap tanpa menunggu perintah selanjutnya harus bagaimana.
Sebagian personil yang terbiasa, mereka sudah tahu harus melakukan apa, meskipun tidak sedang pandemi pun. Namun, bagi orang baru? Maka tugasnya adalah belajar membaca situasi dan kondisi, lalu membuat lompatan besar penuh risiko. (sedih aku tuh)
Kurangi mengeluh, tetap berusaha mencari lobang lain.
Pada kesempatan ini, saya ingin berbagi kepada mereka yang sedang bekerja dari rumah karena pandemi. Supaya tetap bugar dan bahagia. Berikut tipsnya.

Berjemur saat pandemi

Kita semua tahu bahwa ada anjuran berjemur mulai jam 9 atau 10 pagi untuk menstimulasi pembentukan vitamin D atau semacam sel imun baru dalam tubuh manusia. Kenapa tidak jam 12 siang? Meskipun sinar matahari bagus, tapi manfaat terbaik hanya bisa diperoleh pada jam 9 dan 10 selama 10-15 menit pertama, itulah alasan mengapa orang jaman dulu bugar dan bahagia di desa.

Namun, kegiatan berjemur sebaiknya dilakukan 2-3 kali sepekan bukan setiap hari. Terlalu banyak berjemur selain membuat kulit kita hitam, sinar matahari berpotensi menyebabkan kanker kulit. Ingin tetap sehat, tapi malah mengundang masalah baru.

Olahraga membuat bahagia

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Universitas Yale dan Oxford kepada 1,2 juta warga Amerika, menyatakan bahwa orang yang rutin olahraga memiliki kesehatan mental sebesar 43% dibandingkan mereka yang tidak melakukan olahraga baik ringan maupun angkat beban. 

Agar tubuh tetap bugar sebaiknya olahraga dilakukan secara berkala. Menurut penelitian yang sama, olahraga bisa dilakukan 5 kali sehari, tentu disesuaikan dengan kemampuan dan kegiatan masing-masing orang, minimal 1 kali sehari versi saya. Sedangkan untuk durasi olahraga di rentang 30-60 menit.

Terapkan jam kerja reguler

Saya belum bisa menerapkannya, bahkan saat jam istirahat tiba saya masih bekerja hingga pukul 14.00 WIB. Jam kerja ini sebenarnya penting, agar tubuh tidak mudah lelah dan pikiran kita bisa istirahat sejenak, meskipun sedang #WFH. Apalagi jika pekerjaannya ganda campuran, jadi yang bersangkutan bekerja di dua tempat berbeda dengan tugas mirip.

Asupan makanan dijaga

Bosan pasti akan menghantui orang yang mendadak bekerja dari rumah, karena harus adaptasi dengan cepat. Apalagi alasan bekerja dari rumah ini disebabkan oleh pandemi. Saya bilangnya sih SIMALAKAMA. Waktu untuk refreshing di luar terbatas, harus jaga jarak, dan sebagainya.

Tips Tetap Bugar dan Bahagia Kerja Di Rumah Selama Pandemi Covid-19


Rasa bosan ini mempengaruhi pola makan kita juga akhirnya. Biasanya selalu bersemangat makan di rumah, jadi pengen jajan melulu, makanan yang dipesan pun sesuka lidah kita. Yang penting enak dan bisa menyingkirkan rasa bosan, tiba-tiba kantong kering.

Mending uang yang tersisa, ditukar dengan sembako dan bahan untuk membuat camilan. Kemudian keperluan lain seperti rokok dikurangi, tapi kalau mau lanjut juga tidak apa-apa. Penuhi asupan makanan sehat, sayur, buah (jika memungkinkan), telur,  dan sebagainya.

Tetap menjadi manusia

Pada bulan pertama #WFH, saya gagal menjadi manusia, hahaha. Rutinitas saya dari jam 8 pagi - 10 malam hanya bekerja. 8 jam pertama untuk kantor utama, selebihnya untuk pekerjaan serabutan. Lelah? Iya, tapi saya menikmatinya sampai lupa rasa lelah. Lelahnya datang esok pagi, sambat ngalor ngidul. Hahaha

Ibadah jangan ditinggal

Apapun agama dan keyakinan Anda. Ibadah jangan ditinggal, tetapi bagi mereka yang berkeyakinan bahwa ibadah tidak penting yang penting kerja keras, ya monggo-monggo saja.

Demikian Tips Tetap Bugar dan Bahagia Kerja Di Rumah Selama Pandemi Covid-19. Saya berharap dan selalu berdoa, agar pandemi segera selesai. Bukan hanya Anda yang ingin mudik, Kami juga.

Note: Only a member of this blog may post a comment.