Wednesday, September 18, 2019

Kemudahan FINTECH ILEGAL, Benarkah Justru Merugikan?


Besar pasak daripada tiang adalah salah satu peribahasa yang cocok bagi mereka yang mengikuti gengsi semata. Maksud hati ingin terlihat kaya, justru terlilit utang dimana-mana. Apalagi dengan hadirnya era teknologi, semakin memudahkan seseorang meminjam uang secara daring. Kondisi tersebut justru dimanfaatkan oleh penyedia aplikasi tekfin nakal.

Sudah tahu tekfin kan? Jadi itu sebuah aplikasi dana pinjaman daring, yang memungkinkan bagi siapa saja untuk mengajukan utang dengan pembayaran beserta bunganya. Mirip cara konvensional ya? 11-12 dengan cara konvensional, namun Anda harus tetap waspada.

tekfin ilegal dipuja-puja oleh calon nasabah baru, tapi tidak bagi nasabah yang sudah terperosok dalam. Apa lagi yang sudah terdaftar di 30-an aplikasi tekfin agar bisa membayar tagihan utang dari aplikasi lain. Kemudahan yang ditawarkan menjadi magnet tersendiri bagi calon nasabah yang terdesak, yaitu pencairan dana cepat dalam waktu 15 menit.

Namun di balik kemudahannya, justru nasabah dirugikan dalam banyak hal oleh tekfin ilegal. Simak kerugian apa saja yang akan Anda alami jika memaksa menjadi nasabahnya;

Bunga Tinggi

Salah satu alasan tingginya bunga yang diberlakukan oleh penyedia pinjaman daring adalah kemudahan persyaratan dan kecepatan persetujuan. Sehingga calon nasabah secara tidak langsung dituntut untuk bisa menghitung bunga tersebut saat pembayaran tagihan utang.

Menyalin Data Nasabah


tekfin ilegal biasanya secara otomatis akan menyalin data nasabah, setelah yang bersangkutan mengunduh dan menyetujui beberapa akses yang diminta pihak tekfin. Data tersebut bisa berupa kontak telepon, gambar, video, atau apapun yang dianggap berharga.
Tidak Transparan
Transparansi biaya keterlambatan atau denda, yang besarnya bervariasi. Sayangnya tidak semua penyedia pinjaman daring bersedia menampilkan rincian denda keterlambatan sesuai nominal pinjaman.

Tidak Terdaftar di OJK


OJK adalah lembaga independen yang mempunyai fungsi, tugas, dan wewenang pengaturan, pengawasan, pemeriksaan dan penyidikan terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan baik dari sektor perbankan, pasar modal, dan sektor jasa keuangan non-bank seperti Asuransi, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan, tekfin dan Lembaga Jasa Keuangan lainnya.

Jika suatu aplikasi tekfin tidak terdaftar di OJK, maka bisa dipastikan Anda akan rugi setengah hidup. Ciri-cirinya adalah identitas perusahaan tekfin disamarkan.

Penagihan Dengan Intimidasi

Intimidasi saat penagihan itu adalah hal yang wajar, apabila nasabah menunggak. Namun, cara yang dilakukan oleh tekfin ilegal di luar batas kewajaran dengan menyebarkan data pribadi nasabahnya kepada semua kontak telepon yang sudah disalin. Hal tersebut sudah pernah terjadi, baca beritanya di tempo.co.

Jadi, sebenarnya rugi atau untung menggunakan aplikasi dana pinjaman daring? Jawabannya adalah sesuai dengan kejelian dan tingkat kebutuhan Anda. Pastikan tekfin yang dipilih sudah terdaftar di OJK, dengan melihat data resminya di situs OJK.
Disqus Comments