Wednesday, December 26, 2018

Tips Mencari Kost Mahasiswa di Kota Malang


Kali ini saya akan berbagi tips mencari kost mahasiswa di Kota Malang, biar dikira kuliah saja. Jadi kira-kira 2008 silam, saya memutuskan untuk ngekost daripada harus tinggal ikut budhe di dekat ABM, meskipun enak juga dekat mbak-mbak akuntansi tapi beda level kita. Hoahahaha, tinggian sana maksudnya.

Saya kuliah mulai 2007 sebagai MABA, dengan pertimbangan awal saya ditaruh di saudara biar hemat tapi biaya yang dikeluarkan sama saja dari pihak orang tua. Tahulah kalau sedang berkunjung, seperti datang ke asrama bawa ini dan itu. Hahahaha

Yang bikin ribet waktu itu, OSPEK berangkat subuh pulang malam. Bawa ini dan itu, sekalinya udah bawa yang dibawa salah karena miskom sama tugasnya dan kurang koordinasi dengan kelompok.

Singkat cerita, 2 semester dilalui dengan mondar-mandir dan sempat beberapa kali terjadi kecelakaan kecil seperti menabrak mobil karena hilangnya fokus di dekat mbetek. Sama warga sekitar (gaspoll mlayu ae mas, timbang urusan dowo) Saya yang sudah kaget dan gemetar, gaspoll dan buru-buru (jangkrik kok iso nabrak isuk-isuk).

Selain kisah itu, saya pernah bonceng sepupu menjelang magrib pula menemui pacarnya (nasib-nasib). Pertama menghindar dan lupa kalau rem motor cakramania bagian depan, saya ndelosor mringis perih-perih sejuk. Kedua, ehhmm tidak perlu diceritakan.

Mungkin sebagian dari kamu ada yang mengalaminya, beberapa bertahan dan lainnya termasuk saya memutuskan untuk pindah ke kost dekat kampus. Sebut nggak ya nama kampusnya, yang jelas ini di daerah Tidar bukan Machung bukan juga UNMER apalagi theologi.

Kegundahan saya terjawab, dengan diajaknya saya oleh salah seorang teman untuk istirahat di kostnya secara bergantian. Hari ini disana, hari besok disitu. Setelah dirasa enak dan nyaman, saya cerita ke orang tua dan tanya ke teman. berapa harga kost disitu sebulan?

Tips Mencari Kost Mahasiswa di Kota Malang

  1. Cari kost dekat dengan kampus. Misal, Kamu kost di UB maka tempat kost kamu bisa di sekitar di jalan kerto-kerto, dinoyo, depan Polinema.
  2. Tanyakan harganya, harga disini bisa per bulan, per 3 bulan, per 6 bulan ataupun 12 bulan.
  3. Dengan harga yang diberlakukan, tanyakan sudah include apa saja. Misal dengan harga 450ribu/bulan, apakah sudah termasuk listrik, air? jika bawa kulkas dan mesin cuci, tambah berapa?
  4. Kondisi lingkungan kost, bagaimana? amankah, dekat dengan apa. Misal Kamu kristiani apakah dekat dengan gereja, atau Muslim dekat dengan masjid. Ini untuk memudahkan Kamu juga dalam melaksanakan ibadah rutin.
  5. Pemilik kostnya resek apa nggak? Penting banget ini, Saya dulu dapat pemilik Kost yang alhamdulilah super baik banget. Semoga beliau sehat walafiat dan berlimpah rejeki.
  6. Ketahui dulu, anak kostnya satu kampus atau heterogen. Kalau satu kampus apalagi satu kelas malah uenak banget. Yah malah bersyukur bisa satu kost dengan kakak tingkat, bagaikan anak indigo ketika dapat tugas dengan jurusan yang sama. wkwkwkwk
Jangan tanya harga kontrakan, karena saya sejak 2008 hingga lulus dan wisuda tidak pernah pindah kost. Seringnya pindah kamar, wkwkwk setiap semester. Sempat juga sudah pamitan, akhirnya balik lagi ngekost disitu untuk kedua kalinya dalam rangka bekerja.

Semoga ada baiknya dengan adanya tulisan ini,.

Disqus Comments