Tuesday, June 12, 2018

Wisata Muslim Mezquita de Cordoba, Bukti Peradaban yang Menjadi Simboldan Kejayaan Islam Masa Lalu di Andalusia For Adinda Azzahra Tour[Repost from Medium]

Masa kejayaan Islam di Cordoba mewariskan peradaban dan ilmu pengetahuan yang tak ternilai tak hanya itu di Cordoba masih ada peninggalan bangunan-bangunan bersejarah nan megah yang patut anda kunjungi.

Secara geografis, Cordoba terletak di sebelah barat negeri Matador dan berada di Propinsi Andalusia. Cordoba adalah kota bersejarah yang berada di sepanjang tebing sungai Guadalquivir.

Ketika anda berwisata ke Cordoba, tak lengkap rasanya jika hanya mengagumi bangunan-bangunan warisan peradaban Islam. Anda juga harus mencari tahu sejarah masuk dan berkembangnya Islam di Eropa terutama di Cordoba yang berada di Spanyol atau negeri Matador ini.

Kota yang pada mulanya bernama Iberi Baht tersebut dibangun pada periode pemerintahan Romawi berkuasa di Guadalquivir, sejak itu pula nama Cordoba mulai terkenal. Cordoba pernah menjadi ibu kota negara Meridional Spanyol pada 169 SM, yang ketika itu dikuasai oleh Lotheo penguasa Romawi.

Pada tahun 45 M, Cordoba pernah pula ditaklukan oleh panglima militer Romawi yaitu Julius Caesar. Namun lima abad kemudian, Cordoba dikuasai oleh Bizantium dikomandoi oleh Raja Goth Barat.

Selanjutnya pada 711 M menjadi babak baru bagi sejarah Cordoba. Karena pada masa itu datang tentara Islam di bawah komando Tariq bin Ziad, yang membawa pesan dakwah dan kemudian negeri Matador berhasil ditaklukan dari Goth Barat di bawah Kekaisaran Visigoth.

Penaklukan yang dilakukan oleh Tariq bin Ziad, diperintahkan oleh Musa bin Nusair yang saat itu sebagai Gubernur Afrika Utara, di bawah pemerintahan Walid bin Abdul Malik atau Al-Walid (705–715) dari Dinasti Umayyah yang berpusat di Damaskus.

Salah satu peninggalan peradaban Islam yang terkenal di Eropa, dan menjadi tujuan wisata muslim yang wajib dikunjungi ketika berada di Andalusia adalah Mezquita de Cordoba. Mezquita atau Masjid Cordoba menjadi simbol kejayaan Islam di masanya. Masjid Agung Cordoba atau Mezquita de Cordoba didirikan pada tahun 787 pada masa Dinasti Umayyah, yaitu oleh Khalifah Abdurrahman I dan pembangunan masjid diteruskan oleh para khalifah berikutnya. Sebenarnya Masjid Agung Cordoba, pada awalnya bukanlah masjid tapi sebuah gereja yang kemudian dibangun masjid di dalamnya hingga menjadi masjid terbesar pada saat itu.

Ketika masa kejayaan Islam di Cordoba berakhir pada tahun 1236, maka masjid tersebut dikembalikan menjadi gereja Kristen. Jika nanti anda berkunjung ke Cordoba, perhatikan dan renungkan betapa indahnya Masjid Agung Cordoba seolah ada dua agama yang telah berkumpul dalam sebuah harmoni.

Selain itu menurut sejarah dikatakan pula, bahwa dulunya saat khalifah Islam berkuasa di Cordoba, masyarakat yang tinggal di Cordoba memeluk tiga agama yakni, Islam, Kristen dan Yahudi yang hidup secara berdampingan di bawah hukum dan perlindungan khalifah Andalusia.

Keunikan dari sejarah Cordoba ini menarik banyak wisatawan muslim dari seluruh dunia, bahkan wisatawan non muslim juga berbondong-bondong ingin mengetahui seperti apa sejarah peradaban Islam di Eropa khususnya Cordoba yang berada di negeri Matador.

Kunjungan Wisatawan di Mezzquita de Cordoba via tripadvisor.com

Meskipun masa kejayaan Islam telah berakhir di Spanyol, namun kemegahan masjidnya seolah membius orang Spanyol yang akhirnya mereka berusaha untuk tetap menjaga masjid tersebut dalam bentuk aslinya. Bahkan sejak 1994 UNESCO menyatakan Masjid Agung Cordoba menjadi situs warisan dunia, apabila anda besok berencana untuk melakukan wisata ke Mezquita de Cordoba bersama Adinda Azzahra Tour, maka anda tidak hanya melihat Masjid Cordoba sebagai gereja tapi juga berfungsi sebagai museum.

Namun tahukah anda?? Meskipun Masjid Cordoba telah beralih fungsi menjadi Gereja, ternyata Masjid Agung Cordoba ini memilikki arsitektur dan interior yang sangat kental dengan Islam, kaligrafi ayat-ayat Islam menjadi dominasi tersendiri di bagian dindingnya. Mezquita de Cordoba ini juga ditopang oleh lebih 850 pilar yang kokoh, pada tiap gerbangnya terdapat batu-batu merah dan batu putih. Ternyata arsitektur bangunan di Spanyol juga banyak terpengaruh oleh interior dari Masjid Agung Cordoba ini. Pada masanya, aktivitas di masjid ini tak pernah sepi, bahkan terdapat lampu yang meneranginya dengan jumlah 4.700 lampu dan pertahunnya menghabiskan 11 ton minyak. Ada satu buah pintu yang terbuat dari emas murni dan sembilan pintu yang terbuat dari tembaga kuning.

Kondisi terkini Masjid Cordoba menjadi sebuah Katedral dengan nama Cathedral of St. Mary of the Assumption. Arsitektur dan interiornya berupa masjid memilikki ciri khas tapal kuda dengan cat putih dan merah. Anda yakin ingin melewatkannya? Tempat ini menjadi salah satu wisata muslim rekomendasi jika anda berkunjung ke benua Eropa khususnya di Andalusia.

Sungguh indah rasanya bila bisa berlama-lama di Cordoba, tinggal beberapa saat sambil merasakan dan menyelami kemegahan Kejayaan Islam yang pernah singgah selama beberapa abad tersebut. Salah satu warisan dunia yang tetap menawan meskipun kejayaannya telah berakhir 700 tahun lebih.

Selain Mezquita de Cordoba ternyata masih ada tempat wisata yang sama-sama merupakan simbol kejayaan Islam pada masanya yakni Medina Azahara.

Medina Azahara dibangun oleh Khalifah Cordoba Abdul Rahman III pada tahun 936, Medina Azahara berarti kota yang menakjubkan atau kota yang indah, dan menjadi pusat pemerintahan Andalusia pada saat itu. Lokasi yang dekat hanya berjarak 13 kilometer dari kota Cordoba dan 8 kilometer di barat Cordoba, menjadikannya tempat wisata muslim yang favorit bagi para turis. Situs bersejarah ini dikenal sebagai situs arkeolog abad pertengahan dengan nilai sejarah yang tinggi.

Sayangnya tempat ini hanya meninggalkan bangunan utama yang masih terlihat megah dan hanya tersisa reruntuhan dengan puing-puing bangunan di sekitarnya, Medina Azahara ini memilikki luas 112 hektar yang menjadi istana kota. Ketika anda berdiri dan melihatnya dari dekat, seolah anda akan dibawa ke masa lalu dan melihat betapa besarnya kekuasaan Islam pada masa itu.

Dengan melihat keindahan dan kemegahan di tempat ini, anda seakan bisa menerawang dan melihat gambaran kejayaan Islam yang pernah ada. Selain itu anda juga bisa berkunjung ke sebuah museum yang masih berada sekitar sini, untuk melihat beberapa peninggalan barang bersejarah pada masa pembangunan Medina Azahara.

Kemegahan Cordoba bisa membius siapa saja yang bertandang ke Andalusia, jika anda punya rencana jalan-jalan ke luar negeri mencari tempat wisata muslim maka segera persiapkan diri anda untuk terbang ke Mezquita de Cordoba bersama Adinda Azzahra Tour yang pastinya dengan senang hati memandu anda menapaki setiap jengkal peradaban Islam di Benua Eropa.

Sumber Referensi
https://halallifestyle(dot)id/halal-tourism/wisata-di-cordoba-menambah-wawasan-sejarah-islam
http://www.republika(dot)co.id/berita/dunia-islam/khazanah/12/06/25/m66dwb-cordoba-firdaus-yang-hilang-1
https://ilmu(dot)net/2016/05/12/sejarah-kota-cordoba/
http://getlostmagz(dot)com/departure/7-tempat-wisata-sejarah-di-cordoba/
Google Maps & Image

Note: Artikel pernah diterbitkan di medium.com/@phohankurniawan (diterbitkan ulang karena akun medium kena suspend)

**) Dirapikan 19/9/2019
Disqus Comments